BPPT KOTA KUPANG TUNTASKAN 5.535 IMB PEMUTIHAN

By 10 Feb 2017, 20:55:07 WIB

Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Kupang telah berhasil menuntaskan 5.535 Izin Mendirikan bangunan (IMB) yanfg masuk dalam program pemutihan Walikota Kupang Jonas salean, dengan menerbitkan sertifikat masing-masing. Ada sebanyak 5.535 IMB pemutihan yang sudah kita terbitkan dan saat ini sedang dalam proses pengambilan oleh para pemiliknya, kata Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Kupang Noce Nus Loa di Kupang, Kamis (17/11). Dia  mengatakan, proses pengambilan sertifikat IMB Pemutihan itu dilakukan di Kantor BPPT untuk kepentingan penyelesaian administrasi. Meskipun bersifat pemutihan, namun penetapan biaya administrasi setengah harga dari besran biaya normal, saat melakukan pengurusan secara regular tetap diberlakukan terutama bagi keluarga yang mampu. Sedangkan untuk keluarga yang miskin atau kurang mampu atau mendapatkan intervensi program perlindungan sosial pemerintah, maka wajib digratiskan. Untuk yang mampu kita kenakan setengah harga bayaran dari nominal yang ada, sedangkan keluarga miskin gratis katanya. Untuk kepentingan validasi keluarga miskin itu, Walikota Kupang Jonas Salean menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 8 Tahun 2012 dan diperkuat dengan Perwali Nomor 11 Tahun 2016 tentang IMB Pemutihan. Dalam perwali itu diisyaratkan warga berhak mendapatkan intervensi IMB Pemutihan gratis adalah warga miskin yang diintervensi sejumlah program perlindungan sosial, seperti penerima beras sejahtera (rastra) atau yang dulu disebut raskin. Para penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan yang mendapatkan bantuan pendidikan dari pemerintah Kota Kupang.

Para keluarga dengan syarat inilah yang akan mendapatkan layanan IMB pemutihan secara gratis, katanya. Untuk memvalidasi kepentingan pemanfaatan syarat itu, lurah setempat harus menerbitkan surat pernyataan dan disahkan untuk selanjutnya dijadiakan sebagai syarat penerima IMB Pemutihan secara gratis.

Jadi setiap penerima IMB Pemutihan gratis harus membawa serta surat keternagan dari para lurahnya ke kantor BPPT dan mengambil sertifikatnya, katanya. Bagi yang masuk kategori mampu, akan melakukan pelunasan biaya setengah dari biaya normal di loket Bank NTT di kantor BPPT Kota Kupang. Dia mengatakan, sejak penuntasan IMB pemutiha itu hingga saat ini baru tercatat 2.997 warga pemilik IMB yang mengambilnya. Masih tersisa 2.538 sertifikat IMB yang belum diambil. Kita sudah kirimkan seluruh data penerima sesuai pendataan kelurahan masing-masing dan dikirim ke lurahnya untuk disampaikan dan diurus pengambilannya di kantor BPPT katanya. Terkait alokasi anggaran yang dimanfaatkan untuk intervensi program pro rakyat ini, Noce mengaku tidak tahu, karena program tersebut dulunya menjadi kewenangan Dinas Pemukiman dan Tata Ruang Kota Kupang. Dalam perjalanan, kewenangan diberikan untuk selanjutnya BPPT Melakukan pengurusan, dengan juga melibatkan pihak Dinas Permukiman untuk teknis pemenuhan syarat penerbitan IMB tersebut. (Ivan/Yofri/Jeso)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar Anda

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Website ini Berguna Untuk Anda?
  Ya
  Tidak

Komentar Terakhir