BPPT MEMPROSES IZIN SESUAI SOP

By 10 Feb 2017, 21:39:00 WIBBerita DPMPTSP

Dalam memproses izin bagi masyarakat, pimpinan dan staf badan pelayanan perizinan terpadu (BPPT) kota kupang dituntut bekerja sesuai standar operasional procedural (SOP). Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi penyalahgunaan kewenangan.

Kepala BPPT kota kupang Noce Nus Loa menegaskan, para pemohon yang memproses izin di BPPT kota kupang tidak perlu bertemu dengannya. Sebab semua proses pengurusan sudah tersistem.

“Dengan begitu, saya juga tidak akan pernah bertemu langsung dengan para pemohon izin,”. Tegas Noce di kantornya, kemarin.

Menurutnya, pada sosialisasi pengurusan perizinan trayek dikota kupang baru-baru ini, ia menanyakan kepada pemohon soal pernah tidaknya bertemu dengan dirinya secara langsung. Namun dari ratusan orang peserta sosialisasi, tidak satupun yang mengaku pernah bertemu dengannya.

“Dalam sosialisasi itu saya Tanya, ada tidak diantara bapak ibu ini pernah bertemu langsung dengan saya? Tidak ada yang angkat tangan. Saya Tanya lagi, berapa yang ,engurus izin sudah sesuai dengan SOP? Semua angkat tangan,” tuturnya.

Banyaknya peserta sosialisasi yang mengakui bahwa pengurusan izin trayek sudah sesuai SOP menunjukkan bahwa pihaknya telah bekerja sesuai mekanisme yang berlaku dan sesuai SOP. Dengan begitu, tidak perlu bertemu dengan dirinya.

“Karena system kita bekerja, sehingga bila dijanjikan kapan datang, datang saja. Sebab, kapanpun izin yang masuk setiap hari berkewajiban untuk menandatanganinya. Dengan begitu, pada keesokannya harinya bisa langsung diambil,” tegasnya.

Dia menegaskan, pihaknya bekerja sesuai SOP. Hal itu juga untuk menghindari adanya penyalahgunaan wewenang.

Noce berpandangan bahwa izin adalah legitimasi atas sah tidaknya sebuah aktivitas usaha. Karena itu, setiap usaha harus memiliki izin.

“Jaminan bahwa ini orang berusaha adalah izin, sesuai aturan adalah izin. Sama seperti jaminan bahwa seseorang adalah warga Negara Indonesia adalah harus memiliki kartu tanda penduduk. Jaminan bahwa usaha tidak menyimpang, maka pemerintah memberikan izin,” tegasnya.

Karena itu, lanjutnya pihaknyapun tidak hanya menunggu dikantor, melainkan juga melakukan pelayanan ke kelurahan-kelurahan. Pelayanan dikelurahan diperuntukkan bagi izin-izin yang telah digratiskan pemkot kupang.

“Dengan demikian, masyarakat tidak perlu lagi datang kekantor BPPT. Saya juga minta masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus semua jenis izin yang diperlukan. Kami akan siap melayani setiap pemohon tanpa membedakan,” tukasnya. (Ivan/Jeso).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar Anda