MOBILE SERVICE PERCEPAT LAYANAN PERIJINAN

By 10 Feb 2017, 21:20:28 WIBBerita DPMPTSP

Pelayanan perizinan mobile (mobile service) yang dilakukan Badan Pelayanan Perizinan (BPPT) Kota Kupang dimaksudkan agar masyarakat tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mengurus izinyang sudah digratiskan oleh Pemkot Kupang. Selain itu, sistim jemput bola tersebut untuk mempercepat proses perizinan kepada masyarakat. Hal itu ditegaskan kepala BPPT Kota Kupang Noce Nus Loa kepada VN, kemarin. Noce menjelaskan, pemkot kupang sudah menggratiskan pengurusan lima jenis izin. Kelima jenis izin itu adalah SITU, SIUP, SIU-JK, Advice Plan dan IMB Pemutihan. Menurutnya, dengan penggratisan tersebut, pihaknya harus melakukan pekayanan langsung di kelurahan. Sebab bila masyarakat datang ke kantor BPPT , maka meski izinnya gratis, namun masyarakat pasti mengeluarkan biaya, minimal biaya transportasi.

Kelima jenis izin ini digratiskan karena pemkot ingin terjadi percepatan ekonomi di tengah masyarakat, tegasnya dihadapan masyarakat dan pelaku usaha. Dia menyebutkan, penggratisan itu memang berdampak pada berkurangnya pendapatan daerah, namun hal itu bisa ditutupi dari penerimaan sektor lain yakni pajak. Karena itu kita ayani di kelurahan. Tetapi bila ada yang mau langsung ke kantor BPPT juga silakan, katnya. Noce mengatakan, pelayanan izin di kelurahan akan terkoneksi secara online dengan kantor BPPT. Izin yang diajukan masyarakat diproses di kelurahan, lalu dikirim secara online di BPPT untuk dicetak. Setelah dicetak, dikirim ke kantor lurah untuk dibagikan kepada pelaku usaha atau masyarakat masyarakat yang mengajukannya. Semua sistim pelayanan secara online itu, tambah Noce, membuat palayan mobile menjadi embrio lahirnya sistim pelayanan online. Ke depan, pengurusan izin bisa dilakukan secara online. Mobile service ini juga memangkas waktu atau sistim yang mungkin membingungkan masyarakat, imbuhnya. Dia menambahkn, pe

Nerapan pelayanan mobile tersebut efektif mulai tahun depan. Kelurahan Oebobo dan LLBK dipilih menjadi kelurahan percontohan untuk melaukan ujicoba program terbari tersebut. Setelah diujicoba, akan disusun SOP pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan nanti, semua kelurahan akan dijangkau oleh mobil pelayanan milik BPPT Kota Kupang. Jadwal ke setiap kelurahan akan diatur kemudian setelah SOP sudah disusun, tukas Noce. (Ivan/Yofri/Jeso)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar Anda