Semua Pegawai Wajib Teken Pakta Integritas
Magang BPPT Kota Kupang ke KPTSP Yogyakarta

By 17 Jun 2016, 12:50:29 WIBPress Release

Semua Pegawai Wajib Teken Pakta Integritas

Keterangan Gambar : Foto bersama peserta magang BPPT Kota Kupang dengan Kabid Regulasi KTSP Yogyakarta


Pelayanan, terutama di loket-loket merupakan hal yang sering dikeluhkan oleh pemohon ijin jika berurusan dengan BPPT Kota Kupang. Ada-ada saja yang dikeluhkan, seperti perilaku petugas di bagian loket, lambannya petugas, lamanya proses pengurusan ijin dan keluhan adanya pungutan liar atau pungli. Namun bagi BPPT Kota Kupang, sepanjang semua persyaratan yang diminta untuk dilengkapi sudah terpenuhi maka tidak ada alasan untuk menunda-nunda sebuah permohonan perijinan untuk diterbitkan.

Meski demikian, ketidakpuasan masyarakat terhadap petugas di loket-loket pelayanan Kantor BPPT Kota Kupang masih sering terjadi, terutama jika ijinnya belum diperoleh hanya karena alas an teknis, seperti belum ditandatangani Kepala BPPT. Untuk itu, pada kesempatan magang di KTSP Yogyakarta,ke-13 orang aparatur di BPPT Kota Kupang mendalami khusus bagaimana pelayanan yang diterapkan di KTSP Yogyakarta. Kendati demikian, walaupun KTSP Yogyakarta telah memiliki IT yang cukup namun keluhan tetap ada.

Ada sejumlah hal yang dipelajari BPPT Kota Kupang di bidang pelayanan yang bisa diterapkan di BPPT Kota Kupang antara lain, jika Kepala KTSP Yogyakarta berhalangan lebih dari 7 hari maka kewenangan penandatanganan perizinan bias dilakukan oleh Sekretaris KTSP dan Sekretaris dan Kabid bias juga melakukan penandatanganan ijin tertentu sedangkan untuk Advice Planning di tandatangani oleh Kepala Seksi.

Di KTSP Yogyakarta, aparatur BPPT juga mempelajari sistem antrian dengan layar sentuh yang mudah dioperasionalkan dan daftar urutan pelayanan yang dapat dipantau melalui layar monitor yang disediakan serta panggilan urutan antrian dengan suara yang jelas sera menggunakan sistem antrian dengan metode FIFO ( First In First Out).

Di KTSP Yogyakarta, tersedia Roating Slip sebagai sarana pengendali proses izin mulai dari pelayanan di petugas FO hingga penyerahan keputusan pemberian izin yang dilaksanakan baik secara manual maupun melalui dukungan teknologi informasi sehingga setiap tahap dapat terpantau.

Untuk memudahkan pemohon mengurus perijinan, KTSP Yogyakarta menyediakan 6 loket dengan masing-masing loket memiliki spesifikasi ijin yang dilayani.

Di KTSP Yogyakarta, CSO bertugas menerima berkas perijinan yang dimasukan pemohon, memeriksa kelengkapan dan kebenaran berkas, input ke SIM menyerahkan berkas yang diinput ke petugas layanan dan memberikan informasi KBLI kepada pemohon.

Pada Tahun 2014 KTSP Yogyakarta terealisasi retribusi mengalami peningkatan 300 % dibanding target dan realisasi tahun sebelumnya seiring dengan meningkatnya dunia usaha dan pariwisata di Yogyakarta. Sedangkan fasilitas penunjang lainnya seperti ruang ibu menyusui, ruang server, box charger handphone, area bermain anak, papan informasi, banner himbauan, parkir khusus disabilitas dan taman kantor yang ada di KTSP Yogyakarta juga telah disediakan di Kantor BPPT Kota Kupang.

Sementara di bidang Regulasi dan Pengembangan Kinerja, aparat BPPT Kota Kupang mendapati bahwa semua pegawai pada KTSP Yogyakarta wajib menandatangani komitmen dan pakta integritas, menyusun SOP dan Standar Pelayanan Prima (SPP), menetapkan Kode Etik Pegawai dan Majelis Kode Etik, melakukan kegiatan peningkatan SDM melalui IHT, menerapkan Manajemen Mutu 9001 : 2008 dan melakukan pengurkuran IKM dengan metode kuisioner dalam bentuk pertanyaan tertutup dan terbuka/saran/pendapat dan masukan yang di evaluasi setiap bulan (ivan-jeso/bppt)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar Anda