Sosialisasi Pelayanan Perijinan di Kec Kota Lama
PELAKU USAHA HARUS TAHU PERIJINAN

By 25 Jan 2015, 12:46:19 WIBSosialisasi

Sosialisasi Pelayanan Perijinan di Kec Kota Lama

Keterangan Gambar : Kabid Informasi dan Pengaduan Herman Welkis,SH tengah membawakan materi sosialisasi standar pelayanan didampingi Kasie Pemerintahan Kec. Kota Lama Bustaman di aula kantor Lurah Oeba Rabu (26/11/2014).


Melanjutkan kegiatan sosialisasi hari kedua tentang standar pelayanan di aula kantor Lurah Oeba Rabu (26/11/2014) lalu BPPT Kota Kupang kembali melakukan pertemuan dengan pelaku usaha dan pembangunan di wilayah Kecamatan Kota Lama.

Pembukaan acara dilakukan  oleh Camat Kota Lama yang diwakili oleh Kasie Pemerintahan Bustaman, S.STP dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kabid Sistem Informasi dan Pengaduan Herman Welkis,SH bersama Kabid Pelayanan Evelyn Venita F. SE,MM dan bertindak sebagai moderator Kabid Data dan Pengembangan Drs. Abdul Kap.

Dalam arahannya Bustaman mengharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pelaku usaha untuk menyampaikan masukan maupun kritikan terkait pelayanan perijinan dan diharapkan setelah kegiatan ini dapat membantu pemerintah menjadi corong ditengah masyarakat sehingga pada akhirnya semua dapat mengerti dan memahami arti pentingnya memiliki ijin dalam melakukan aktivitas usaha. Selain itu ungkap Bustaman BPPT diharapkan dapat terus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan salah satunya dengan memangkas rentang kendali yang panjang sehingga lebih mempercepat waktu pengurusan dokumen ijin.

Herman Welkis dalam penyampaian materi mengatakan  tujuan sosialisasi ini agar masyarakat mengetahui secara jelas dan memahami tentang pelayanan publik sehingga dapat memenuhi kepuasan masyarakat ng urusan perijinan dan serta adanya kepastian hukum dalam melakukan kegiatan usaha. BPPT telah melakukan berbagai upaya dalam hal pembenahan secara berkelanjutan yang berkaitan dengan SDM pegawai maupun sarana prasarana penunjang pelayanan demi peningkatan kapasitas pelayanan

ijin yang diproses telah melebihi batas waktu sesuai SOP, namun setelah ditelusuri ternyata pihak ketiga belum pernah mendaftarkan permohonan ijin. Hal ini Sosialisasi ini lanjut Herman selain bertujuan mendekatkan pelayanan juga untuk mendapatkan masukan balik dari masyarakat terkait pelayanan yang telah diberikan berikut kritik saran demi perbaikan pelayanan di masa datang.

Saat ini tengah disiapkan regulasi yang berkaitan dengan usaha yang memiliki modal sampai dengan 25 juta maka pengurusan dokumen SITU akan dilimpahkan ke Kecamatan serta  dibebaskan dari biaya.

Himbauan kepada setiap pelaku usaha dalam upaya mendapatkan ijin harus memenuhi syarat baik itu lokasi maupun syarat formil lainnya. Misalnya menurut Herman usaha yang dibangun harus memperhatikan ruang publik dan tidak mengganggu ketertiban umum dan memenuhi ketentuan tidak dibangun pada daerah milik jalan (damija) dan ruang milik jalan (rumija).

Sampai saat ini lanjut Herman, untuk pengurusan IMB belum sepenuhnya memenuhi syarat waktu penyelesaian sesuai SOP oleh karena itu telah diusulkan ke Walikota Kupang agar dapat menempatkan staf teknis pada kantor BPPT Kota Kupang untuk menunjang percepatan proses ijin.

Dalam mengurus ijin diharapkan para pelaku usaha tidak memberikan kepercayaan kepada pihak ketiga sehingga dapat memahami alur dan prosedur serta besaran biaya yang ditetapkan. Sering terjadi pengaduan baik secara langsung maupun melalui telepon bahwa berdampak pada lembaga BPPT yang dinilai mengulur waktu proses atau menghambat proses pemberian ijin ungkap Herman.

Bapak Isak salah satu tokoh masyarakat dari Kelurahan Oeba memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan Walikota Kupang karena telah melaksanakan kegiatan pemutihan IMB yang dirasakan sangat menolong masyarakat yang ingin memiliki IMB tetapi terkendala biaya yang tinggi serta mengharapkan adanya penyederhaan prosedur perijinan.

Herman menambahkan bahwa sesuai arahan Walikota Kupang maka BPPT harus terus melakukan perubahan-perubahan demi terwujudnya pelayanan yang dapat memuaskan masyarakat serta pada gilirannya dapat meningkatkan iklim usaha dan investasi di Kota Kupang. 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar Anda

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Apakah Website ini Berguna Untuk Anda?
  Ya
  Tidak

Komentar Terakhir