Tambah Wawasan, Perluas Inovasi demi Pelayanan Terbaik
Magang BPPT Kota Kupang ke KPTSP Yogyakarta (1)

By 17 Jun 2016, 13:17:04 WIBPress Release

Tambah Wawasan, Perluas Inovasi demi Pelayanan Terbaik

Keterangan Gambar : Sejumlah aparatur BPPT Kota Kupang melakukan magang di KTSP Yogyakarta untuk memperdalam wawasan dalam memberikan pelayanan terbaik bidang perijinan


Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Kupang terus melakukan inovasi-inovasi guna melakukan perbaikan pelayanan kepada para pemohon perijinan di Kota Kupang. Kantor pelayanan publik ini merupakan wajah Kota Kupang dan juga merupakan wajah pemimpinnya. Jika pelayanan publik lamban, bertele-tele bahkan jika sampai terjadi pungli maka yang disorot adalah pemimpin kota ini. Oleh karenanya, BPPT Kota Kupang terus menerus melakukan perbaikan layanan, termasuk menimbah ilmu bagi para stafnya di kantor-kantor pelayanan publik lainnya sehingga dengan ilmu yang diperoleh bisa diterapkan di BPPT Kota Kupang.

Untuk itu, sejak tanggal 10-14 Mei 2016 lalu, sebanyak 13 aparat sipil negara (ASN) pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Kupang melakukan magang di Kantor Terpadu Satu Pintu (KTSP) Yogyakarta. Keberangkatan mereka bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta ketrampilan aparat ASN BPPT yang terlibat langsung dalam proses pelayanan perijinan tentang pentingnya penerapan E-government dalam pelayanan publik.

Selain itu, adanya pemahaman yang kontruktif tentang sebuah proses pelayanan publik yang transparan, mudah, cepat dan murah melalui dukungan sumberdaya yang handal dan profesional. Tim BPPT Kota Kupang yang dipimpin Sekretaris BPPT Ny. Agustina Saudale dibagi dalam empat kelompok. Tiap kelompok didampingi para Kepala Bidang. Kelompok I mempelajari bidang data dan system informasi. Tim ini mempelajari sistem pelayanan berbasis informasi dan teknologi (IT), pengelolaan website, SMS gateway serta perangkat pendukung serta inovasi dan pengelolaan data.

Sementara kelompok II pada bidang pengawasan dan pengaduan perizinan guna mempelajari pemberian informasi, pengelolaan pengaduan dan penyelesaian tindaklanjut dan problematika pengaduan. Sementara kelompok III mempelajari regulasi dan pengembangan kinerja serta pengembangan SDM aparatur. Dan, kelompok IV mempelajari alur pelayanan. SOP dan inovasi yang telah dilakukan berikut indeks kepuasaan masyarakat (KIM) serta penyelesaian problematika pelayanan.

Selain itu, tim yang didampingi Kasubag umum ini juga mempelajari administrasi surat masuk-keluar, kearsipan, program Diklat pegawai, SKP pemeliharaan dan pengawasan terhadap inventaris kantor, penerapan laporan keuangan berbasis akrual. Selain itu, tim melakukan pengamatan pelayanan di area kantor, kebersihan, penataan taman, keramahan pegawai dalam melayani dan penyediaan fasilitas penunjang pelayanan. (ivan-jeso/bppt)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar Anda