Back to homepage

SIUP-MB (Ijin Minuman Beralkohol)

PENGERTIAN

Perusahaan adalah perusahaan yang melakukan kegiatan di bidang usaha Minuman Beralkohol yang dapat berbentuk perorangan, persekutuan atau badan hukum yang berkedudukan dalam wilayah Kota Kupang.

Minuman Beralkohol adalah minuman yang mengandung ethanol yang diproses dari bahan hasil pertanian yang mengandung karbohidrat dengan cara fermentasi dan destilasi atau fermentasi tanpa destilasi, baik dengan memberikan perlakukan terlebih dahulu, tidak menambahkan bahan lain atau tidak mencampurkan konsentrat dengan ethanol atau dengan cara pengenceran dengan minuman ethanol.

Distributor adalah perusahaan yang ditunjuk importif minuman beralkohol dan atau industry minuman beralkohol untuk menyalurkan minuman beralkohol di wilayah Kota Kupang.

Sub distributor adalah perusahaan yang ditunjuk distributor untuk menyalurkan minuman beralkohol di wilayah Kota Kupang.

Pengecer adalah perusahaan yang menjual secara eceran minuman beralkohol khusus dalam kemasan berlabel.

Penjual langsung untuk diminum adalah perusahaan yang menjual minuman beralkohol untuk diminum ditempat.

Surat Ijin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIUP-MB) adalah surat ijin untuk melaksanakan kegiatan usaha perdagangan minuman beralkohol Golongan B dan C.

Minuman beralkohol dibagi atas 3 (tiga) golongan :

·         Golongan A         : Minuman berkadar alcohol/ethanol 1 % s/d 5 %

·         Golongan B : Minuman berkadar alcohol/ethanol 5 % s/d 20 %

·         Golongan C         : Minuman berkadar alcohol/ethanol 20 % s/d 55 %